Unsur – Unsur Yang Terkandung dalam Tamer ( Kurma Kering )

macam-macam-kurma.jp
Kandungan gula dalam tamer mencapai 75%, 20% protein dan sekitar 3% adalah lemak atau minyak.  Tamer kaya akan garam mineral dan garam mineral alkali seperti kalsium, potassium, buah ini pun kaya akan unsur-unsur besi selain mengandung vitamin B dan C.
 
Kandungan Gizi dalam Tamer
Orang dapat hidup hanya dengan tamer dalam waktu yang cukup lama, karena buah ini kaya akan unsur gula. Unsur ini sangat mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Hanya saja, tamer ini sedikit sekali unsur lemak dan proteinnya. Oleh karenanya, orang yang hanya mengonsumsi tamer saja dalam keseharaiannya bisa kurus. Jika dimakan dengan satu gelas susu, maka keduanya menjadi sebuah makanan yang sempurna dilihat dari segala sisinya, karena susu banyak mengandung duan unsur penting bagi tubuh, yaitu protein dan lemak.
 
Orang-orang pedamalam Arab (badui) hidup hanya dengan tamer kering dan susu kambing bandot, kesehatan mereka terbukti lebih baik dan jarang terkena penyakit, apalagi penyakit-penyakit kronis, karena mereka terbiasa mengonsumsi dua jenis makanan itu.
 
Makanan untuk Para Wanita yang sedang Nifas
Ruthab adalah memakan yang kaya sekali dengan unsur-unsur kalsium dan besi. Oleh karena itu, Allah SWT menganugerahkannya untuk para wanita yang sedang nifas. Sebagaimana Allah SWT telah memerintahkan ibuda Maryam, al-‘Azra, untuk memakannya pada saat nifas, karena kedua unsur penting seperti besi dan kalsium ada dalam ruthab ini dengan kadar yang cukup. Ruthab ini pun penting untuk memproduksi susu dan bayi yang menyusu, mengingat ia dapat mengganti zat-zat yang hilang dalam tubuh ibu ketika melahirkan atau ketika menyusui.
 
Besi dan kalsium juga merupakan unsur penting bagi pertumbuhan anak yang sedang menyusui karena keduanya merupakan unsur yang paling menentukan dalam pembentukkan darah, sumsusm tulang belakang dan tulang. Korma hijau, Kuning …emang  rasanya sepet, tapi (ini katanya lohh) buat wanita menikah yang kepingin bisa hamil, kalo tau tatacara makannya, bisa jadi "pancingan" biar bisa cepet hamil. ( konsumsi juga kurma muda Ruthob Warna Kuning, baik  untuk  dikonsumsi bagi pasangan yang belum punya momongan / keturunan ) 
 
Berbuka yang Baik
Rasulullah SAW berbuka dengan beberapa butir ruthab sebelum shalat. Dalam berbuka Rasulullah SAW dengan ruthab atau tamer terkandung pelajaran penting sekali bagi umatnya, karena lambung dan usus orang yang berpuasa dalam keadaan kosong, yang membuat hati tidak menemukan apa pun untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Dan ketika makanan manis sebagai makanan yang paling cepat samapi ke hati – selanjutnya disebarkan ke seluruh tubuh, maka ruthab akan lebih diterima untuk dimanfaatkan dan digunakan untuk pembakaran, untuk kemudian mengirimkan energi yang dihasilkan ke seluruh anggota tubuh.
 
Dalam ilmu kedokteran telah dinyatakan; bahwa gula dan air adalah makanan yang paling dibutuhkan oleh tubuh yang berpuasa, karena kekurangan gula dalam tubuh dapat menyebabkan sesak didada, kekacauan pada saraf. Sementara kekuranga iar dapat membuat tubuh lemah dan tidak mampu menahan serangann penyakit. Adapun orang yang memenuhi perutnya langsung dengan makanan inti saat berbuka. Dia akan membutuhkan setidaknya tiga jam atau lebih agar lambungnya dapat menyerap gula yang ada dalam makanan itu. oleh karena itu, pada mereka ini terlihat gejala-gejala yang telah disebutkan diatas. Seperti halnya orang yang melakukan puasa wishal.

 

Manfaat Balah dan Ruthab menurut ilmu Kedokteran
 
Pertama : Dalam refernsi kedokteran kuno ditemukan bahwa memakan tamer secara langsung dapat membunuh cacing, dan kurma ajwa adalah kurma yang dapat membunuh cacing dalam tubuh, sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi SAW. ”Kurma Ajwa itu datang dari surga dan di dalamnya terdapat obat (penawar) racun.
Kedua : Orang-orang Mesir kuno telah terbiasa menggunakan balah untuk para penderita sakit kantung kemih, sakit perut, dan usus.
Ketiga : Balah sangat bermafaat untuk menguatkan otot perut dan dapt membantu saat susah buang air besar, karena di dalamnya banyak mengandung serat untuk membantu proses pencernaan.
 
Selain itu, balah juga dapat menguatkan rahim, khususnya saat melahirkan. Sebuah penelitian ilmiah menegaskan, bahwa balah dapat memberi pengaruh positif bagi gerakan rahim dan menambah elastisitasnya. Oleh karena itu, Allah SWT telah memerintahkan Maryam untuk memakan balah ketika hendak melahirkan Isa. Sehingga bayi bisa lahir dengan mudah.
 
Dalam sebuah ayat Allah SWT berfirman,
“Goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah engkau. Jika engkau melihat seseorang, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah nadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini,’ “ (QS. Maryam [19]:25-26).
 
Keempat : Tamer dapat memberi efek relaksasi pada saraf, karena tamer ini memiliki pengaruh langsung terhadap kelenjar gondok (tiroid). Oleh karenanya, para dokter menganjurkan untuk memberi tamer kepada anak dan orang dewasa yang terganggu sarafnya pada hari agar jiwanya menjadi lebih tenang.
Kelima : Seduhan balah dapat memudahkan saluran kencing.
Keenam : Tamer kaya akan garam mineral alkali. Misalnya, garam kalsium dan potassium. Ia adalah makanan yang berfungsi menyeimbangkan asam lambung. Di samping itu, ia pun dapat mengganti abu alkalis setelah proses pecernaan dan penyerapan, karena ia dapat menyeimbangkan asam yang keluar setelah mengonsumsi sumber protein, seperti ikan dan telur.
Ketujuh : Tamer juga merupakan sumber utama vitamin A. oleh karena itu, buah ini dapat menjaga kelembaban mata dan kebinarannya, menguatkan mata dan penglihatan, serta dapat membuat saraf rileks.
 
Balah terbaik adalah yang banyak tersebar dan dikonsumsi oleh orang yang disebut dengan balah abrimi. Buah ini adalah makanan masyarakat yang cukup murah dan dapat dimakan oleh semua kalangan. Kelebihan balah adalah tidak mudah busuk. Dimungkinkan untuk disimpan dalam waktu cukup lama. Balah ini bisa dijadikan sebagai makanan pengganti ketika buah-buahan segar sulit didapatkan.
 

Cara Mengeringkan Balah

Pertama : Gunakan balah yang setengah kering seperti siwa, lalu letakkan di bawah terik matahari selama kurang lebih satu minggu atau sepuluh hari. Lakukanlah pembalikan setiap dua hari.
Kedua : Masukkan ke dalam karung selama kurang lebih satu hari sampai kadar kelembabannya merata – lalu pisahkan dan masukan ke dalam kantong atau ke dalam keranjang.

Manfaat Kurma Rutho Muda & Lainnya :
Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi kurma menjadi sumber energi yang tinggi pula. Bahkan tertinggi di antara semua buah-buahan lainnya. Karena itulah kurma sangat cocok untuk mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa. Bagi orang yang cukup banyak makan kurma pada waktu sahur akan menjadi segar dan tahan lapar karena bahan pangan ini juga kaya akan serat. Kurma bisa disantap langsung dalam keadaan kering atau segar. Kurma juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai hidangan, seperti: aneka produk roti, permen, es krim, dan sirup. Di negara-negara Timur Tengah, kurma biasanya dikonsumsi bersama hasil olahan susu.
 
Kurma mengandung beberapa bahan yang bermanfaat untuk kesehatan, antara lain:
kalium, salisilat, karbihidrat, dan vitamin.

 

1. Kalium
Dalam 100 gr kurma kering terdapat 666 mg kalium, sehingga berkhasiat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kalium merupakan mineral yang penting untuk melancarkan pembuluh darah, membuat denyut jantung menjadi teratur, mengaktifkan kontraksi otot, dan menstabilkan tekanan darah.

2. Salisilat
Salisilat merupakan zat yang digunakan sebagai bahan baku aspirin (obat pengurang/penghilang rasa sakit dan demam). Salisilat bersifat mencegah pembekuan darah, anti inflamasi, dan penghilang rasa nyeri. Aspirin reguler dosis rendah (kurang atau separuh dosis yang biasa diminum per hari) sanggup membantu mencegah sakit kepala hingga serangan jantung dan stroke.
     

Menurut Nurfi Afriansyah Staf Peneliti KIE Gizi Puslitbang Gizi Bogor, salisilat juga bisa mempengaruhi prostaglandin yaitu kelompok asam lemak hidroksida yang merangsang kontraksi otot polos dan menurunkan tekanan darah. Salisilat biasanya ditemukan pada kurma yang sudah kering.
 
3. Karbohidrat atau Zat Gula
Kandungan karbohidrat pada kurma yang dipanen sewaktu masih lembek dan mentah berkisar 60% sedangkan pada kurma kering (yang mengering di pohon terjemur matahari) berkisar 70%. 100 gram kurma mampu menyuplai 230 kcal energi.
 
Menurut dr. Anwar El Multi dari Mesir, kurma mengandung zat gula 70% dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Kebanyakan varietas kurma mengandung gula glukosa (jenis gula dalam darah) atau fruktosa (jenis gula dalam sebagian besar buah-buahan). Zat ini mudah dicerna dan dibakar oleh tubuh sehingga menghasilkan tenaga yang tinggi tanpa mempersulit tubuh untuk mengolah, mencerna, dan menjadikannya sebagai gizi yang baik.

Menurut Dr. David Conning Director of British Nutrition Foundation, segelas air yang mengandung glukosa akan diserap dalam waktu 20-30 menit. Sedangkan gula yang terkandung dalam kurma baru habis terserap dalam tempo 45-60 menit.

 

4. Vitamin dan Zat Gizi
Dalam setiap 100 gram kurma kering terkandung 50 IU Vitamin A; 0,4 mg Vitamin C; 0,09 mg Tiamin; 0,10 mg Riboflavin, 2,20 mg Niasin, asam nikotinat dan zat besi. Zat-zat gizi itu berfungsi membantu melepaskan energi, menjaga kulit dan saraf agar tetap sehat, serta penting untuk fungsi organ jantung.

5. Mineral Penting (magnesium, potasium dan kalsium)
Kurma juga mengandung semacam hormon potuchsin yang bisa menciutkan pembuluh darah dalam rahim sehingga bisa mencegah terjadinya pendarahan rahim.

6. Lemak
Kandungan lemak pada buah kurma sangat rendah yaitu 0,4 gram per 100 gram kurma.

Dengan hanya makan satu porsi ekstra makanan kaya kalium minimal 400 mg/hari maka risiko fatal terserang stroke bisa diturunkan sampai 40%. Batas minimal 400 mg/hari tersebut mudah sekali dipenuhi dengan hanya makan kurma kering minimal sekitar 65 gram saja atau setara dengan lima butir kurma