Anda Mau Langsing Makan Kurma Saja

kur1

KURMA dipercaya mengandung banyak khasiat yang mantap. Tak hanya makanan penghilang rasa lapar, kurma diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Satu di antara manfaat itu yakni membuat tubuh lebih langsing.

Tanaman yang tumbuh di wilayah subtropis itu sudah dikenal masyarakat Timur Tengah sejak 6.000 Sebelum Masehi. Tapi, kurma atau dates mendunia pada abad ke-18.  Kurma pun menjadi obat manjur karena memiliki efek menyegarkan dan menguatkan yang sama seperti cairan infus.

Di Indonesia, Anda mungkin tidak asing dengan jenis Kurma Nabi. Padahal ada ratusan jenis kurma yang ada di dunia dan 38 jenis yang populer.

"Yang masuk ke Indonesia hanya sekitar 16 jenis. Yang paling disukai orang Indonesia memang Kurma Nabi atau jenis Agwa," ucap Tania dari Bateel, gerai waralaba khusus kurma.

Meski begitu, secara umum kurma terbagi 3 jenis:

1.Kurma basah, berdaging empuk, sangat lembab dan 
kandungan gula rendah.

2.Kurma agak kering, berdaging kenyal, tidak terlalu berair dan kandungan gula tinggi.

3.Kurma kering (kurma roti), dagingnya keras, kering dan memiliki kandungan gula tinggi.

 

Bangsa Arab, umumnya lebih menyukai kurma yang serat dagingnya keras dan tidak terlalu lembut.

Nutrisi Kurma
Kurma adalah buah yang sangat mudah dicerna dan diserap kandungan gizinya oleh tubuh. Itu menjadi alasan kurma sangat baik untuk mengganti energi yang hilang. Bayangkan saja, jika 1 kg pisang memiliki 970 kalori, maka kurma memiliki 3000 kalori! Kurma kering berkalori lebih besar ketimbang kurma basah.

Setiap 4 ons kurma kering terkandung 250 kalori, sementara kurma basah hanya memiliki 10 kalori. Dalam buku Khasiat dan Keajaiban Kurma, Prof. Dr. Hardinsyah, M.S., Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia sekaligus dekan FEMA-IPB, mengatakan "Kurma mengandung zat gizi yang nyaris lengkap dengan komposisi yang seimbang."

Apa saja kandungan nutrisi di dalam kurma? Coba simak tabel berikut ini.

  • Zat Gizi    Kandungan/100 gram
  • Air    22,5 gr
  • Energi    275 kcal
  • Protein    1,97 gr
  • Lemak Total    0,45 gr
  • Karbohidrat    73,51 gr
  • Serat Total    7,5 gr
  • Kalsium    32 mg
  • Besi    1,15 mg
  • Fosfor    35 mg
  • Kalium    40 mg
  • Sodium    3 mg
  • Zinc    0,29 mg
  • Tembaga    0,288 mg
  • Mangan    0,298 mg
  • Selenium    1,9 mg
  • Thiamin    0,09 mg
  • Riboflavin    0,1 mg
  • Niasin    2,2 mg
  • Asam Pantotenik    0,78mg
  • Vitamin B-6    0,192 mg
  • Folat    13 mcg
  • Vitamin A, IU    50 IU
  • Vitamin A, RE    5 mcg_RE
  • Vitamin E    0,1 mg_ATE
  • Saturated Fat    0,191 gr
  • Unsaturated Fat    0,149 gr
  • Polyunsaturated Fat    0,031 gr
 
Di luar kandungan gizi di atas, kurma juga mengandung 20 macam lebih asam amino yang membuat kurma sangat mudah dicerna. Selain dimakan sebagai buah, kurma juga kemudian diolah menjadi berbagai jenis makanan turunan seperti jus, selai, minyak, bahkan ada juga kurma yang difermentasi menjadi wine kurma.

Kurma Bikin Langsing
 
Melihat kandungan gizinya yang hampir lengkap, Anda pasti memberi tanggap positif. Namun, melihat kandungan kalorinya yang cukup tinggi, Anda mungkin akan berpikir ulang untuk mengonsumsinya. Alasannya cukup klasik, takut gemuk.

Nah, pikiran ini boleh Anda hilangkan. Karena, kurma memiliki kandungan lemak rendah dan serat yang cukup tinggi. Kurma justru bisa mengatasi kegemukan.

Nutrisi lengkapnya bisa menghilangkan rasa lapar. Dengan sedikit kurma saja, Anda sudah merasa kenyang. Sehingga keinginan makan makanan tinggi kalori bisa hilang.

Rasa lapar umumnya timbul karena kadar gula darah yang menurun, bukan karena perut kosong. Saat mengonsumsi kurma, kadar gulanya yang tinggi bisa langsung diserap tubuh karena sifatnya yang mudah dicerna. Kadar gula darah pun kembali normal.


Kudapan Antiaging
Bisa dibilang kurma adalah buah sahabat wanita. Bagi Anda yang tengah berbadan dua atau menyusui, kurma menjadi sumber makanan hebat. Kurma matang atau jus kurma mengandung zat yang mirip dengan oksitosin, yaitu zat yang dikeluarkan secara alami oleh wanita saat proses persalinan dan menyusui. Fungsinya yaitu mendorong peregangan rahim dan meningkatkan kontraksi.

Yang menarik, kurma bersifat laksatif alias pencahar. Artinya, kurma membantu membersihkan usus dari kotoran sebelum melahirkan.

Selain itu, kurma juga menjadi obat awet muda yang enak. Dalam sebuah penelitian yang diikuti partisipan wanita, krim biji kurma terbukti bisa mengurangi garis-garis keriput. Setelah diteliti, biji kurma ternyata mengandung fitohormin dan zat antiaging.

Anda juga bisa berkreasi dengan berbagai macam makanan berbahan kurma. Di Arab Saudi, herai Bateel bahkan memiliki restoran khusus menjual makanan berbahan dasar kurma.


Obat Mujarab
Sifat laksatif kurma tentu baik untuk mengobati masalah konstipasi atau masalah yang berhubungan dengan usus dan pencernaan. Namun, kandungan kalium atau potassium di dalam kurma mampu memelihara kesehatan sistem saraf pusat tubuh.
Hasil riset menyarankan untuk mengonsumsi lebih dari 400mg potassium setiap hari bisa mengurangi risiko terkena stroke hingga 40%.

Kurma juga ternyata jadi obat mujarab untuk menanggulangi masalah kecanduan alkohol dan membersihkan racun di organ hati berkat kandungan phenol yang padat dan berfungsi sebagai antioksidan. Meningkatkan stamina tertentu jadi salah satu khasiat kurma yang banyak dikenal.

Kurma ternyata bisa bermanfaat untuk pertumbuhan tulang (karena kandungan kalsiumnya) dan penyakit berat seperti jantung, kanker dan darah tinggi. Nah, sudah siap berlebaran dengan hidangan kurma?