Madu & Kurma, Proses Kelahiran Jadi Lebih mudah, Cepat & Lancar

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Di negeri bambu (Cina), telah turun temurun menggunakan madu sebagai bahan untuk mempermudah proses persalinan yaitu dengan menggunakan madu dengan konsentrasi 80 persen sebagai cairan pada otot-otot. Para pakar di Cina telah diketahui bahwa ibu hamil yang konsumsi madu proses pembukaan liang menjadi lebih cepat begitupun proses kelahirannya menjadi lebih mudah.

Kenapa demikian ?

Dikarenakan madu murni memiliki kandungan zat Prostagelandine yang mampu mempercepat kontraksi otot-otot pada rahim serta membuat ruang leher rahim melebar sehingga memudahkan si buah hati keluar menempati dunia barunya.

Disamping itu madu murni juga sangat membantu ibu pada saat menjalani masa nifas hal ini sangat berguna dikarenakan zat bergizi tinggi yang terkandung pada madu tersebut serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu pada saat menyusui.

Makanya Para dokter di Jepang selalu menyarankan untuk konsumsi madu setiap hari selama masa nifas.

Beberapa kandungan yang dimiliki oleh madu antara lain fruktosa, glukosa, asam amino, thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piridoksin, asam askorbat, kalium, kalsium, natrium, magnesium, zat besi, phospor, sulfut, dan mangan.

Madu murni sangat baik dikonsumsi oleh para ibu hamil dikarenakan tingginya kandungan asam folat yang bermanfaat sebagai nutrisi penting bagi perkembangan janin, sebalikya bila para ibu hamil mengalami kekurangan kandungan asam folat pada awal kehamilan maka diperkirakan bayi yang akan lahir akan berisiko tinggi yaitu dapat mengalami cacat bawaan pada pembuluh syaraf.

Manfaat madu murni pada masa hamil:

  •  Menambah nafsu makan pada ibu hamil.
  •  mengurangi rasa mual pada masa hamil.
  •  Melindungi janin dari keracunan.
  •  Kandungan asam folat, memberi nutrisi penting untuk perkembangan janin.
  •  meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil.
  •  Mempermudah & melancarkan proses persalinan.

Sedangkan buah kurma adalah untuk membantu menyuburkan kandungan, menurut sebuah hadits Sahih Al-Bukhari mengatakan: "Barangsiapa yang makan kurma Ajwah tujuh butir setiap pagi hari, maka dia akan terbebas dari racun dan hal magis pada hari itu juga."

Hadits Sahih lain juga mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa memakan tujuh butir kurma diantara fajar dan senja hari, niscaya dia tidak akan terkena bahaya diantara kedua waktu itu."

Menurut ilmuwan Dr. Mahmud Nazim Al-Nasimy mengatakan kurma sangat baik dan berkhasiat untuk membantu para ibu hamil saat proses persalinan, memperkuat urat-urat rahim di bulan-bulan terakhir kehamilan serta membantu melancarkan proses kelahiran bayi.

Beberapa kandungan yang dimiliki pada buah kurma antara lain fiber, karbohidrat, kalsium, vit B kompleks, kalium, magnesium serta zat besi.

Manfaat buah kurma pada masa hamil :

  • Kandungan karbohidrat dalam bentuk glukosa & fruktosa untuk menambah kekuatan energi pada saat persalinan.
  • Kandungan Kalium untuk memperkuat kontraksi otot & tekanan darah.
  • Kandungan Kalsium untuk pertumbuhan tulang & gigi pada janin serta ketahanan tulang pada ibu hamil.
  • Kandungan zat besi untuk memproduksi haemoglobin dan sel darah merah sehingga melindungi ibu hamil dari anemia serta melancarkan peredaran darah & sari-sari makanan ke seluruh tubuh.
  • Terdapat hormon Potuchin yang berfungsi untuk mengikat rahim dan otot rahim untuk membantu mengurangi pendarahan pasca melahirkan.
  • Terdapat pula hormon oksitosin yang berguna membantu rangsangan kontraksi otot-otot pada rahim sehingga persalinan dipermudah. Hormon ini pula yang dapat memacu kontraksi pembuluh darah vena (sekitar payudara) untuk memproduksi air susu ibu.
  • Membantu menyuburkan kandungan janin.

Anjuran mengkonsumsi:

- Konsumsi madu murni 3 x 2 sdm per hari.
- Konsumsi kurma tiap pagi hari sekali (kurma boleh di jus).
- Konsumsi madu & kurma pada usia kehamilan 7 bulan secara rutin.

Semoga dapat membantu & bermanfaat