Mengenal Khasiat dan Manfaat Kurma Ajwa

2onta2

Kurma Ajwa adalah jenis kurma yang paling disukai Nabi. Seperti apa buah kurma ajwa itu, apa saja khasiat dan manfaat kurma ajwa? Berikut penjelasan lengkapnya.

Siapapun yg pagi – pagi  memakan 7 buah kurma ‘Ajwah, maka pada hari itu dia tidak akan mudah keracunan dan terserang penyakit.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Apa yang ada di benak kita ketika akan buka puasa? Es buah, kolak, sirup, jajanan yang manis ataukah berbagai macam makanan yang menggiurkan lainnya? Tidak dapat dipungkiri, bahwa sederetan makanan atau minuman itulah yang muncul saat kita berniat berbuka puasa.

Memang, di kalangan masyarakat kita, berbuka puasa dengan makanan dan minuman seperti itu merupakan hal yang wajar dan lumrah. Akan tetapi, bukankah minuman dan makanan tersebut mempunyai efek samping yang tidak begitu bagus bagi tubuh yang sudah istirahat dari makan dan minum selama seharian penuh?

Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, Rasullah SAW, berabad-abad dulu sudah memberikan saran yang begitu bermanfaat mengenai khasiat dan Manfaat Kurma Azwa bagi orang yang sedang puasa. Beliau bersabda, “Apabila salah seorang diantara kamu puasa, hendaklah berbuka dengan kurma , bila tidak ada hendaklah dengan berbuka dengan air, sesungguhnya air itu bersih.” (H.R. Ahmad dan Tarmidzi). Bahkan, ketika tidak berpuasa sekalipun (tidak dalam bulan Ramadhan), buah kurma memiliki khasiat dan manfaat yang begitu besar bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan Buah Kurma Ajwa

Buah kurma adalah sejenis tanaman palem atau dalam bahasa latin dikenal sebagai phonex dactylifer yang berbuah dan boleh dimakan, baik ketika sudah masak maupun mentah. Berdasarkan penelitian ilmiah dari para ilmuwan, buah kurma sangat kaya akan protein, serat gula, vitamin A dan C serta mineral berupa zat besi, kalsium, sodium dan potasium. Kandungan protein yang ada di dalam buah kurma yaitu sebesar 1.8 – 2.0%, sedangkan serat sebanyak 2.0 – 4.0% dan gula sebesar 50 – 70% glukosa.

Khasiat Kurma Untuk Kesehatan

jual-kurma-ajwa

Dengan kandungan gula tersebut, buah kurma mampu memberi tenaga tambahan untuk orang yang berbuka puasa sehingga ia bisa merasa segar dan bertenaga kembali untuk beribadah tanpa merasa letih atau mengantuk. Biasanya, bagi yang merasa letih dan mengantuk disaat melaksanakan shalat tarawih disebabkan karena makanan yang dikosumsi kebanyakan mengandung karbohidrat yang tidak menyediakan tenaga instant (tambahan). Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, buah kurma adalah jawabannya.

Kenapa ?  Sebab, sebagaimana penelitian yang dilakukan Badan Kesahatan Dunia (WHO), zat gula yang ada didalam kurma itu berbeda dengan gula pada buah-buahan lain seperti gula tebu atau gula pasir yang biasa mengandung sukrosa dimana zat itu langsung diserap kedalam tubuh. Hal ini membuat gula itu harus dipecahkan terlebih dahulu oleh enzim sebelum berubah menjadi glukosa. Sebaliknya, kurma tidak membutuhkan proses demikian.

Sementara potasium yang ada di dalam buah kurma berguna untuk mengatasi masalah stress, sembelit dan lemah otot. Tidak hanya itu, berkat zat besi dan kalsium yang ada pada kurma, orang bakal terhindar dari penyakit yang beresiko tinggi seperti penyakit jantung dan kencing manis.

Manfat Kurma Untuk Ibu Hamil

10

Bila dimakan oleh anak-anak, maka khasiat kurma berperan untk mencerdaskan otak mereka. Cukup beralasan, bila Rasullah s.a.w menganjurkan bagi para isteri yang mengandung untuk makan buah kurma. 

Sabda Nabi, Berilah makan buah kurma kepada isteri-isteri  kamu yang sedang hamil, karena isteri-isteri kamu yang sedang hamil. Karena sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, niscaya anak yang akan lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas. Sesungguhnya makanan Siti Maryam takkala melahirkan Nabi Isa a.s adalah buah kurma. Sekiranya, Allah s.w.t., menjadikan suatu buah yang lebih baik dari pada buah kurma, maka Allah telah memberi makan buah itu kepada Siti Maryam. (H.R. Bukhari)

Sesuai dengan yang termuat dalam Q.S. Maryam, ayat 25-26 perihal Siti Maryam. Firman Allah, Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, maka pohon itu akan menggugurkan buah yang masak kepadamu, maka makan serta minumlah dan bersenang hatilah kamu.

Waktu itu, dikisahkan Siti Maryam hendak melahirkan Nabi Isa a.s dibawah pohon kurma. Lalu Malaikat Jibril datang dan menyuruh Maryam menggoncangkan pohon kurma. Buah kurma yang matang itu berjatuhan. Dan Maryam pun memakan buah kurma yang telah masak tersebut. Atas izin Allah s.w.t dan kebesaran- NYA, proses persalinan atau kelahiran Nabi Isa a.s menjadi mudah.

Berdasarkan hadis Rasullah dan firman Allah diataslah, manfaat kurma ajwa untuk ibu hamil tidak dapat diragukan lagi. Hal ini diperteguh olah para ahli kedokteran bahwa unsur zat besi dan kalsium yang terdapat di dalam buah kurma adalah unsur yang sangat berguna untuk membentuk dan menambah kandungan air susu ibu. Lebih dari itu, anak-anak balita pun dapat mengambil manfaat dari buah yang biasa tumbuh didaerah Arab ini. Dengan khasiat kurma ini, pertumbuhan anak-anak dan sumsum tulangnya akan berkembang dengan baik.

Wajar bila Rasullah s.a.w memberikan tips untuk makan tujuh butir kurma setiap harinya supaya terhindar dari segala penyakit fisik. Mengapa Nabi menyebut kurma Ajwa didalam sabdanya.

11

Untuk Konsumsi Kurma  Azwa/ nabi  ini, sehari bisa :

 3 buah kurma, 5  buah kurma  atau 7 buah kurma, hitungan ganjil.

Sebelum Memakan Kurma azwa / nabi

  • Membaca Ta'awudz
  • Membaca Basmalah
  • Istigfar 3x
  • Syahadat 3x
  • Sholawat 3x
  • Niat Pada saat mau makan Kurma

Agar Kurma  Azwa / nabi  yang kita konsumsi awet dan Fresh,  mohon bisa ditaruh dikulkas  di tempat yang kami berikan ini.

Sejarah Kurma Azwa

azwa6

Berdasarkan asbabul wurud (sebab-sebab turunnya suatu hadist) disebutkan dulu Nabi Muhammad s.a.w kalau berbuka puasa yang dimakan adalah kurma. Kurma yang dimakan itu diberi nama Kurma Ajwa (ajua). Ceritanya, pada saat itu Ajwah adalah nama anak Salaman Alfarisi, orang nasrani yang akhirnya masuk Islam. Dia mewakafkan lahan kurmanya untuk perjuanan Islam. Untuk mengenang jasa-jasanya itu, akhirnya Rasul menamakan kurma yang dimakannya saat berbuka puasa sebagai kurma ajwa. Itulah alasannya kenapa, akhirnya kurma ajwa disebut juga sebagai kurma nabi.

onta1

Bahkan, dalam hadist yang lain Beliau sendiri sempat menyatakan, “Rumah yang tidak ada kurmanya seperti rumah yang tidak ada makanan.” Perkataan Rasullah tersebut menunjukan betapa pentingnya manfaat kurma untuk kesehatan tubuh kita. Sehingga, setiap keluarga mesti menyimpan kurma sebagai penganan wajib dirumahnya. 

Oleh karena itu, kita seharusnya memakan buah kurma bukan hanya dibulan puasa saja, tapi juga menjadikan kurma makanan sehari-hari. Entah itu dimakan pagi hari sebagaimana yang pernah dianjurkan Nabi diatas atau sebagai makanan ringan ketika sedang santai.

Dengan cara begini, kita tidak hanya mendapatkan kesehatan tubuh tapi juga memperoleh pahala karena menjalankan sunnah Rasullah s.a.w. Wallahu’alam bil shawab.

 

Kurma Azwa Mampu Tolak Sihir

Ketika ramai diperdebatkan RUU santet di DPR RI, ternyata Rasullah Saw punya cara islami untuk menolak sihir atau santet. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah kurma jenis ajwa. Bahkan, kurma tersebut juga mampu menangkal racun.

Rasullah Saw begitu menganjurkan umatnya untuk mengkonsumsi buah kurma. Selain kandungan nutrisinya bagus untuk tubuh, kurma jenis ajwa juga mampu menolak datangnya racun dan sihir.

Hal itu disebutkan dalam hadis, Nabi Muhammad Saw bersabda,

"Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak terkena racun maupun sihir," (HR Al Bukhari dan Muslim).

Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalani Ra menukilkan perkataan Imam Al Khathabi tentang keistimewaan kurma ajwa. Menurutnya kurma ajwa bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan doa keberkahan dari Rasulullah Saw terhadap kurma Madinah bukan karena zat kurma itu sendiri.

 

Kurma Azwa/ Nabi banyak Faedah

2

Hadis diatas mempunyai banyak sekali kandungan faedahnya, sebagaimana yang dituturkan oleh Al Imam Ibnu Qayyim Ra dalam kitabnya 'Ath Thibb An Nabawi'. Ibnu Qayyim menjelaskan bahwa Al-Maf'uud adalah sakit yang menyerang bagian liver (hati) dan kurma memiliki khasiat yang menakjubkan untuk menyembuhkan penyakit ini (dengan izin Allah), terutama sekali kurma dari Madinah, khususnya jenis ajwa.

"Pembatasan pada jumlah tujuh itu juga mengandung khasiat yang hanya diketahui rahasianya oleh Allah SWT," ujar Ibnu Qayyim dalam kitabnya.

Imam Ibnul Qayyim juga memberikan komentar bahwa yang dimaksud dengan kurma ajwa di sini adalah kurma ajwa Al Madinah, yakni salah satu jenis kurma di kota itu, dikenal sebagai kurma hijaz yang terbaik dari seluruh jenisnya. Bentuknya amat bagus, padat, agak keras, dan kuat, namun termasuk kurma yang paling lezat, paling harum dan paling empuk.

Dari Aisyah Radhiyallahu 'anha bahwa Rasulullah Saw bersabda,"Sesungguhnya dalam kurma ajwa yang berasal dari Aliyah, arah kota Madinah di dataran tinggi dekat Nejed itu mengandung obat penawar atau ia merupakan obat penawar, dan ia merupakan obat penawar racun apabila dikonsumsi pada pagi hari".

Adapun khasiat dari tujuh butir kurma memiliki makna spiritual maupun material sebagaimana yang terdapat dalam syariat Islam. Allah SWT menciptakan langit dan bumi masing-masing tujuh lapis. Jumlah hari dalam sepekan adalah tujuh. Manusia mencapai tahapan kesempurnaan penciptaan dirinya ketika telah mencapai tujuh fase. Allah menyariatkan kepada para hamba-Nya untuk bertawaf tujuh putaran. Sai antara Shafa dan Marwah juga sebanyak tujuh putaran. Melempar jumrah masing-masing tujuh kali. Takbir shalat Id di rakaat pertama juga tujuh kali.

Rasulullah Saw bersabda, "Perintahkanlah mereka (anak-anak kalian) untuk shalat pada usia tujuh tahun".

 

Buah dari Surga

Buah kurma sendiri merupakan jenis buah dengan nutrisi yang baik. Bukan hanya untuk penduduk Madinah saja, khasiatnya juga baik bagi orang-orang yang tinggal di daerah panas dan agak hangat namun memiliki temperatur tubuh yang lebih dingin.

Bagi penduduk Madinah, tamr (kurma yang kering) merupakan makanan pokok sebagaimana gandum bagi bangsa-bangsa lain. Juga, kurma kering dari daerah Aliyah di Madinah merupakan salah satu jenis kurma terbaik sebab rasanya gurih, lezat, dan manis.

Kurma termasuk jenis makanan, obat, dan buah-buahan, kurma cocok dikonsumsi oleh hampir seluruh manusia. Dapat berguna untuk memperkuat suhu tubuh alami, tidak menimbulkan reduksi timbunan ampas yang merusak tubuh seperti yang ditimbulkan oleh berbagai jenis makanan dan buah-buahan. Bahkan, bagi yang sudah terbiasa makan kurma, kurma dapat mencegah pembusukan dan kerusakan makanan yang berefek negatif terhadap tubuh.

Mau beli Kurma Ajwa ???

Jika Anda ingin merasakan khasiat kurma ajwa (kurma nabi) dan beragam manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita, Anda bisa beli kurma ajwa  di ALIF KORMA.

Jalan Nusa Indah 7/1  No. 16 Rt.011 Rw.03 Perumnas Klender, Jakarta Timur 13460

Handphone : 0818.07728022

Pin BB : 59860C5D, Whatsapp : 081807728022

Email : bang.fariedz@gmail.com

Blog : http://www.alifkorma.blogspot.co.id

Website : http://www.alif-korma.web.id